Thursday, October 4, 2012

Tips-Tips Bangkitin Mental yang udah nge-DOWN Banget

Gue gak mau diupilin sama Topic!!
Jujur aja, ini kisah gue temen gue dan temen kalian juga, si Topic. Bulan lalu gue jarang update blog, soalnya lagi sibuk jengukin si Topic (alasan) di RSJ, karena dia lagi ngalamin frustrasi yang berkepanjangan.

"Bang, si Topic sakit jiwa?? Yang boneng aja lo!!??!"
Emang RSJ apaan? Rumah Sakit Jomblo kan? *uhuk*

Tapi, kali ini dia frustrasi bukan karena cinta loh. BUKAN KARENA CINTA!! Buat dia, cinta itu masalah hati. Dan hati itu gak seperti dan sekuat batu karang. Kalau hati udah dikikis sekian lama, bakalan mati rasa. Kalau tetep kukuh bertahan nungguin cinta yang digantung, lama-kelamaan cinta itu bakalan memudar. Nah, misalnya kalau ujung-ujungnya jadian, pasti bakalan flat banget rasanya. Percuma kan nunggu 20 tahun, tapi setelah pacaran gak ngerasa bahagia?

Dan kenapa ini jadi ngomongin cinta?? Katanya BUKAN KARENA CINTA!!!!??!! (ngajak ribut diri sendiri). Udah deh, mending langsung aja. Ada yang bisa tebak gak kenapa?? Si Topic frustrasi karena gagal jadi TKI.


"APAH?? Jadi TKI bang?? TKW kaleee!??!"
MONYONG LO! Sejak kapan dia operasi kelamin?? TKW itu Tenaga Kerja Waria kan??? -____-

Jadi gini, si Topic bulan lalu ngelamar kerja ke luar negeri. Seperti yang gue bilang tadi, dia sepertinya ingin melarikan diri sesaat, biar cinta yang dia pendam berpuluh-puluh tahun itu gak mati rasa. Dengan harapan, sepulang dari luar negeri, langsung ngelamar Laura. Ya kalau Laura masih jomblo, kalau udah punya anak dua gimana?? mungkis si Topic bakalan masuk Ikatan Jomblo Pasrah Jadi Waria (Sumpah gue gak pernah masuk ikatan begitu ya)

Tapi gue gak bisa ngelarang dia buat pergi ke luar negeri. Topic kepengen banget yang namanya kerja di luar negeri. Tapi, berhubung tampangnya asem kek ketiak abis maraton sekecamatan, gue saranin jangan kerja jadi pembokat. Dan juga jangan kerja di tempat-tempat yang biasa kita denger tentang penyiksaan terhadap tenaga kerja Indonesia. Bayangin aja, orang yang waras dengan tampang normal aja bisa mati kesiksa di sana, apalagi kek Topic. Tampang mirip sekuriti neraka gitu, bisa-bisa belom setengah hari kerja, udah diiris-iris sama majikanya, iya kalau diiris doang, kalau disiram air panas? Langsung jadi Kaldu Jomblo Perjaka dah tu anak.

Gue saranin biar dia kerja di Amerika aja. Kan keren tuh keknya kerja di sana, apalagi kalau dapet foto depan patung Liberty sambil ngupil, wih, cita-cita banget tuh. Dan seenggaknya, pulang dari sana dia bisa sedikit bergaya lah, dan keliatan sedikit lebih putih gitu, biar Laura langsung kepincut kalau ketemu dia.
Laura : "Eh, ada bule. How are you sir? Where do you come from??"
Topic  : "I'm from US"
Laura : "Huh? Are you sure? But you don't look like an American."
Topic  : "So, what do you think? what do I look like?"
Laura : "You look more like a Zimbabwean!"
Topic  : ??? *jedotin pala di patung Liberty*

Ternyata si Topic emang bukan ditakdirkan untuk ganteng, apalagi putih #JLEB. Makanya dia ikutan program salah satu agen yang bisa ngeberangkatin tenaga kerja ke Amerika. Sayangnya, pas interview sama user perusahaan yang ngerekrut tenaga kerja, eh dia gak lolos. 


Gagal deh impian dia ngupilin patung Liberty, gagal deh impian dia jadi bule (bule Zimbabwe), gagal deh impian dia pipisin kasur Amerika, dan yang paling gagal, dia gak bisa fotoan di toilet Amerika, sambil jongkok di atas jamban duduk (gak penting banget -__-)

Yang jadi masalah di sini, si Topic nge-down banget setelah gagal interview itu. Dia kek orang bisu gak mau ngomong, kerjaannya merenung mulu, dan gue kira karena down gini, dia jadi gak nafsu makan. Eh ternyata salah, makannya malah kek orang ngamuk, gak dapet nasi 10 tahun terakhir. Ini anak emang gak bisa dikasi hati rupanya -___-

Gue coba bantu deh tu anak dengan ngasih tips-tips biar dia gak down lagi. Dengan harapan dia gak terus-terusan murung. Gue harap sih Tips-tips gue gak berakhir gagal kek yang dulu-dulu gitu.

Cekidot gan..

1. Cerita Ke Temen (yang TEPAT)
Pas lo lagi nge-down banget, yang lo butuhin pasti orang atau temen yang mau dengerin semua kesah hati lo. Pastinya, kalau temen lo peduli sama lo, dia bakalan ngasi support ke elo, atau paling enggak bakalan ngibur lo, supaya lo bisa ngelupain kejadian yang bikin lo down itu. Tapi, jangan sembarangan cerita ke orang atau temen. Cari temen yang bener-bener lo percaya, dan yang bisa sekiranya nenangin hati lo, bukannya bikin perasaan lo tambah kacau.

Tips pertama ini udah gue jelasin ke Topic, dan dia mulai mikirin siapa yang mau diajak curhat sama dia. Dan gue udah mulai berdoa dan naruh sesajen biar gue bukan orang yang diajak curhat sama dia. Kenapa? Karena gue kan tipe orang yang selalu menari-nari di atas penderitaan orang lain, takutnya saran-saran dari gue malah ngeyakinin dia buat nyemplung ke sumur tetangga. Tapi apa? Dia beneran milih gue jadi temen curhatnya. -___-


Topic : "Bo, gue gagal nih ke Amerika".

Gue    : "So, gue mesti ngompol sambil bilang WAO gitu?" 
Topic : *banting tipi*

Nah kek gitu contohnya, jangan sekali-kali curhat ke orang yang salah waktu mental lo lagi down, gue jamin, mental lo malah bakalan nyungsep.


2. Baca Buku Motivasi
Kalau ada seminar tentang motivasi, boleh sih diikutin. Tapi gue rasa, pas lo lagi ngebutuhin banget yang namanya motivasi, belum tentu ada yang namanya seminar motivasi di daerah lo. Jadi, cukup dengan baca buku motivasi aja, di sana biasanya dijelasin kan pengalaman hidup si Motivator sebelum dia menjadi orang sukses, dan juga banyak banget kata-kata yang inspiratif, yang bisa bikin kita kembali bersemangat untuk ngejalanin aktifitas.

Gue kasih deh si Topic buku Motivasi, yang di dalamnya si Motivator bilang "Jika anda sekarang sedang mengalami kegagalan, maka anda harus bergembira, karena sebentar lagi anda akan meraih sukses".


Gue   : "Jadi, semakin banyak lo gagal, maka semakin dekat lo dengan yang namanya sukses, pic."

Topic : "Jadi gitu ya bo?"
Gue   : "Iya, sama kek hubungan lo ke Laura. Dia belum nolak lo kan? Jadi lo belum gagal kan? Maka dari itu lo gak pernah mendekat sama yang namanya JADIAN!"
Topic : "Iya juga ya, sekarang juga gue minta Laura nolak gue!!"
Gue    : *siap-siap ngegebet Laura*

Seperti yang udah gue bilang tadi, gue akan menari-nari di atas penderitaan orang lain.


3. Cari Tau Kekurangan, dan Strategi baru
Ini penting, seperti kata motivasi tadi. Kalau di awal kita gagal, mungkin ada kekurangan dari diri kita, dan jangan malu untuk mengakui kekurangan itu. Siapa tau kan, dengan mengetahui kekurangan kita, dan kita bisa menutupinya, kalau-kalau aja ada kesempatan lagi, kita jadi lebih percaya diri. Misalnya aja kek kasus Topic;

Gue  : "Menurut lo, apa sih yang bikin lo gagal pas Interview kemarin?"
Topic : "Menurut gue, bahasa Inggris gue yang kurang bo."
Gue   : "Ohh.. Tak ape lah. Itu mending bahasa inggris yang kurang, kan bisa dipelajari lagi. Ikut kursus gitu. Coba kalau kurang yang lain, belum tentu bisa dirubah."
Topic : "Emang kurang apa lagi nih?
Gue   : "Tampang."
Topic : "SITU PIKIR SITU GANTENG???!!!!!"

Dialog di atas, lo ambil positifnya aja ya. Jadi, kalau kita uda bisa ningkatin kemampuan kita, otomatis rasa percaya diri kita bakalan kuat. Istilahnya, kita punya senjata lebih lah sebelum berperang lagi.

4. Jangan Takut Buat Nyoba Lagi
Katanya sih, yang namanya pemenang itu gak bakalan menyerah sampai dia dapetin apa yang dia mau. Jadi saran gue ke Topic, ya jangan pernah takut nyoba. Misalnya ada kesempatan lagi, ya ikutin lagi. Yang penting udah lakuin hal-hal di atas tadi. Kek cerita ke temen dan baca buku motivasi buat ngebangkitin mental yang down, dan nambah rasa percaya diri. Cari tau kekurangan dan nyari strategi baru supaya kegagalan yang lalu gak terulang lagi. Kalau misalnya masih gagal, mungkin masih ada yang perlu diperbaiki. Berfikir positif aja, dan terus berusaha maksimal.

Tapi, kadang alam bisa ngasi jalannya sendiri. Mungkin dibalik kegagalan lo sekarang, ada jalan lain yang dikasih Tuhan buat lo. Siapa tau ada hal yang jauh lebih baik setelah itu. Jadi, tips nomer lima menurut gue paling wajib.


5. Berdoa
Ini semua tergantung kepercayaan kalian. Tapi kalau gue sih percaya kalau Tuhan bakalan memberikan jalan terbaik untuk kita, selama kita mendekatkan diri dengaNYA :D


Gue kasih tau itu semua ke Topic, ya karena gue sebagai temen dan pengen nyemangatin dia. Emang sih gue belum jadi orang sukses, dan bukan maksud gue sok-sok memotivasi orang. Tapi, seengaknya gue membantu aja, siapa tau ada yang lagi ngerasa down gitu, setelah baca ini, jadi semangat lagi (semangat liat Topic menderita). Karena pada dasarnya, disaat kita lagi down, susah untuk memotivasi diri sendiri, jadi butuh sesuatu dari luar diri kita untuk membangkitkan semangat kita lagi. XD

Itu dulu tips-tips dari gue, kali aja ada yang punya tips lain, langsung aja di comment box XD

22 comments:

  1. terima kasih tips2nya bang,,,,
    sumpah tips2nya manjur banget (manjur kalo pgn cepet mati)

    BTW makasi ma yg buat blog ini...
    ane terhibur ngikutin terus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah.. kali ini anonimnya waras haha
      Iya, semoga tambah waras ya setelah baca blog gue :D

      Delete
    2. gw ragu dia waras kaya aninom lain.
      atau mungkin dia cuma pingin pdkt-an sama lo bo :/

      Delete
    3. lo sirik kan?? ngaku aja deh lo :P

      Delete
  2. bagus bang, bagus banget kalau mau cepet mati.
    minat buka jasa rehab ga bang? banyak "Topic" lain diluar sana yang perlu saran abang kayaknya. =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. -..- enak aja lo bikin cepet mati.
      Eh, bisa tu bisa, gue buka deh jasa rehab, biar habis gue sikat populasinya Topic! :p

      Delete
  3. akhirnya bisa komeng juga -_____-
    komen apa ya?? bingung..
    ceritanya bagus bang! (y)

    request cerita dong, cara dapetin cewe atau cara cepet lulus kuliah.
    gue baru semester 1 nih -______-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu request atau ngajak kelahi sih? Gue lo belum lulus kuliah. Lo baru semester satu? Udah deh, jngn kuliah. Ntr kek gue lo. Hahaha #ngajaksesat

      Delete
    2. itu request..
      iyaa baru kelas 1 gue -_____- wanjir di ajak aliran sesat gue.

      Delete
    3. sesat itu indah kata bang Alit Susanto, haha

      Delete
    4. "cara cepet lulus kuliah"


      "cara cepet lulus kuliah"



      "cara cepet lulus kuliah"






      "cara cepet lulus kuliah"




      . . . . .


      "cara cepet lulus kuliah"

      request yang bagus ..

      Delete
    5. jurus menghilang



      jurus menghilang


      jurus menghilang

      *cling

      Delete
    6. bagus juga tuh request an nya si burhan,, bagus banget untuk membuat bang yande,, apa lagi yg CEPET LULUS dan CEPET PUNYA PACARA !!! wkwkk

      Delete
    7. ntr gue wisuda barengan sama tunangan!! lo semua gue undang!!!!

      Delete
  4. begitulah cinta, deritanya tiada akhir....

    ReplyDelete
  5. nyesek itu, baca panjang panjang endingnya lupa semua -____-

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyesek pake banget itu, nulis panjang-panjang tapi pembacanya lupa semua di ending (-. .-)

      Delete
    2. weh ada fikri,, udah balikan sama bang yande ?

      Delete
  6. bang gw udah ngirim cerita di email nya elu, baca ya :)

    ReplyDelete

Free Owl ani Cursors at www.totallyfreecursors.com