Tuesday, May 21, 2013

Detik - Detik Yudisium

Lagi!!!! Lagi-lagi Gue dapet kiriman cerita sesat ke ngejokenyacurhat@gmail.com. Buat kalian yang belum tau, email itu adalah email tempat dimana gue menampung segala curhat, rahasia, aib, dan keapesan lo tentang apa aja yang lo alami, dan bakalan gue edit dan gue share ke public lewat blog gue ini.

Dan ini, gue dapet cerita dari seseorang yang gak perlu gue sebut namanya karena, dia orangnya katanya LOWPROFILE banget, so gue gak perlu repot-repot lagi buat ngejelasin identitas ni orang. Dia maksa banget nyuruh gue update ceritanya cepet-cepet. Pake ngancem-ngancem nge-smsin bokap gue ngajakin jadian, ngancem ngambil perawan kucing tetangga gue, terpaksa deh gue kerja keras semalaman ngerjain nih cerita. Iya, gue ngerjainya semaleman, ceritanya sih dikirim seminggu yang lalu.

Langsung aja ya, gue gak banyak-banyak edit ceritanya, karena menurut gue, yang bikin ini cerita jauh lebih sesat dari gue. (bilang aja males -,,-)
Cekidot..


Salam om... (gue gak sudi punya ponakan kek lo!!). 
Satu pesan gue, jangan tanya gue siapa. Percuma, karena gue tuh orangnya LOWPROFILE. Makanya meskipun kalian gak nanya, gak bakalan gue kasih tau, kalo nama gue tuh I**rul anak Sumenep, Madura. Dan awas kalo kalian maksa nanya @irulsiip tuh twitternya siapa. Mohon jangan, karena di sana gue lowprofile banget. Gak banyak yang tau tentang gue meski lewat twitter. Karena follower gue cuma satu. PUAS LO..!!!! (Jah, *tampar biar sadar*)

Ibarat pernikahan, yudisium adalah akadnya dan wisuda perayaan sarjananya. (ohh, gue pikir garem beryudisium.. krik... krik.. krik). Secara gue mahasiswa paling rajin (rajin nunggak pembayaran) yang kebelet sarjana. Yudisium sebentar lagi, itu bukan berita yang cukup mengembirakan. Bukan apa apa, yudisiumnya sih gak bersalah apa-apa. Tapi persyaratan ikut yudisium harus melunasi semua tunggakan perkuliahan. Dan gue kaget, kejang-kejang mendengar berita besar itu.

Gue bakalan punya kesibukan lagi, yakni nyari nenek temen-temen gue buat digadaiin demi melunasi tunggakan. (udah gue duga, ni anak doyang embah-embah).
Singkat cerita, gue dapetin duit buat bayar tu tunggakan. Dengan santai gue langsung menuju ke keuangan. Sebelum sampai. gue dicegat sesosok benda manis nan imut banget. Namanya Pitri, tapi bukan Pitri pacarnya Parel di sinetron SCTP tuh! (siapa tuh?? ya ampun, gue gak pernah nonton sinetron -,,-).
Pitri yang ini gebetan gue selama 4 bulan terakhir.

Pitri : "Mau bayar ya?"
Gue : "Iya Pit. Sekarang kan hari terakhir"
Pitri : "iya nih, gue ampe jual HP demi ikut yudisium. Lo dapet duit dari mana?"
Gue : "kerja siang malem lah Pit"
Pitri : "owh… lembur?"
Gue : "that's right" (Pake B.inggris biar keren???)

Gue harus selalu tampil keren di depan Pitri. Harus gue tunjukin kalau gue adalah cowok ideal buat dia. Yaitu cowok sarjana, cakep (kata emak), mapan, punya kerjaan. TAPI, setelah itu saudara-saudara dari arah yang tidak terduga datang sebatang Kikip, temen gue tepat di-injury time. Dia melakukan gocek kanan gocek kiri dan 
tendaaaang GoooL. Tidak! Kikip bukan mencetak gol ke gawang gue, tapi lebih parah. Dia jatuhin pamor gue. Ohhh NO.

Kikip : "Bro, ada kabar baik dari bokap gue!"
Gue : "Siapa?"
Kikip : "BOKAP GUEH!!!"
Gue : "Siapa yang nanya, maksud gue!!!"
-TAMAT-
(Gak, itu gue yang nambahin dialog, ini nih aslinya)

Kikip : "Bro, ada kabar baik dari bokap gue!"
Gue : "Eh lo Kip, kabar apa to?"
Kikip : "Semalem lo kan dikasi ngutang sama bokap gue, kabar baiknya lo cuma disuruh bayar setengahnya doang, setengahnya lagi itu sedekah buat lo."
Gue : "owh!! *lesu* (berpaling dari Pitri) makasih ya buat bokap lu"
Kikip : "iya, bokap kasian liat perjuangan lo selama 3 hari ini yang nongkrongin emperan rumah siang dan malam"
Pitri : "Jadi, itu yg lo bilang kerja siang malam??"
Gue : *TERKAPAR* (berharap Pitri ngasi napas buatan)

Setelah Kikip mengobrak-abrik pamor gue, kemudian seenaknya saja dia hilang seperti tanpa dosa. “Tuhan, dosa gue apa?” *dalam hati*. Pokoknya nanti gue bakalan cari si Kikip, sampai ke ujung orok. Iya dong, dia kudu tanggung jerahap atas perbuatannya yang makin menjauhkan peluang gue untuk dapentin Cinta Pitri. Pastinya gue malu banget sama Pitri. Gw berlalu dari hadapan Pitri dengan penuh Kemaluan (-,,-!). 

Sejenak gue lupain keuangan dan cinta kepada Pitri demi menahan Kemaluan alias kebelet pipis juga. Tanpa pikir panjang gue cari toilet terdekat dari TKP. Alhasil ketemu, tapi di sini ada Kikip dan temen temen ceweknya yang lagi nongkrong di depan toilet. Jelas saja Haram hukumnya gue ke toilet itu, bisa-bisa bakalan terjadi kecelakaan yang sama untuk kedua kalinya dan imbasnya habislah pesona gue di mata cewek-cewek kampus, secara gue gitu lho, terkenal seantero kampus. Ya, meski terkenal tukang ngutang pulsa, setidaknya kalian gak bakalan kesulitan kalau mau minta tanda tangan gue di kampus. Tanya aja sama semua orang, pasti tau, karen semua orang udah pernah jadi korban dihutangin sama gue, termasuk Rektor (Sumpah, yang ini lebay -__-)

Makanya gue lulusnya hampir masa expired. Ngomong-ngomong, gw juga gak ngerti, kenapa Kikip suka nongkrong di toilet. Pantes saja akhir akhir ini si Kikip dan temen-temen wanita Si kikip mukanya kek jamban. Kongklusinya, jika kalian suka nongkrong di depan toilet, segeralah berkaca
karena itu adalah momen ketika muka kalian mirip jamban. 
*hidup di toilet*
Apes benget deh hari ini. Gue terpaksa minta maaf pada tu toilet karena tidak bisa menunggunya.
Toilet : "lo jahat, kenapa gak ke sini. Gue kan selalu ada buat lo, 24 jam lagi"
Gue : "maaf bukannya gue enggak setia sama lo, tapi keadaan yang memaksa gue"
Toilet : "apa kurangnya gue. Lo buka, gue diam, lo pake gue kasar atau lembut, gue diam, lo pipisin gue, gue juga diam.
Gue : "sekali lagi maaf Let. Tenang suatu saat nanti Tuhan akan mempertemukan kita kembali" *kiss bye*

Langsung gue cari toilet lain yang terjangkau dan bebas hambatan. Setelah melalui uji filterasi yang sangat ketat, ditemukanlah suatu toilet yang didepannya tidak ada orang nongkrong. Panteslah gak ada yang nongkrong, lewat aja orang jijik, aplagi mau mampir. mungkin karena bau dan tidak ada pintunya, ya TANPA PINTU, parahnya lagi gak ada rambu-rambu wanita/pria, alias toilet campursari (dah kayak dangdutan aja ne toilet). 

Harap maklum kalo toilet di kampus gue banyak yang gak layak pakai. Mungkin itu karena kampus gw adalah kampus BBM (Baru Beranjak Maju). Busyeeet!! Udah gak ketahan lagi, ne lahar dingin maksa banget mau keluar. Terpaksa gue pake itu toilet campursari tanpa pintu. Mengantisipasi takut ada yang lewat, pas gue pipis. Gue tutupin muka gue pake foto Kikip yang ketinggalan di ransel gue. Kalau ada yang lewat pas liat gue lagi pipis, gue gak malu, karena disangkanya tuh Kikip. Tapi masalahnya, tuh foto cuman ukuran 4x3 (foto ijazah) alias Cuma bisa nutupin sebelah mata.

Misi pipis gue yang penuh dengan bahaya, akhirnya kelar. Tanpa masalah dan tanpa ada orang yang lewat, meski tu pipis ada yang mangkel alias nyiprat ke sepatu super-lusuh gue. Maklum gue kan mirip artis korea, jadi kalo pipis kudu pake gaya GANGNAM STYLE. So, tu pipis nyiprat ke mana-mana.

Sampai di depan toilet campursari gue baru sadar kalo duit buat pembayaran yudisium di kantong gw udah raib. Yang terlintas di pikiran gue, "ini pasti ulah copet". Namun seperti ada dorongan kuat yang seakanakan menyuruh gue balik ke dalam toilet campursari. Pas gue masuk lagi, gue terbelalak melihat duit hasil ngutang tececer dengan indahnya di tolet. Dengan sigap gue pulung tu duit dari lantai. Setelah semua duit kembali ke alamnya (saku celana) gw baru inget kalo tadi pas pipis gue lupa nyiramnya *uweeeeek*. Pantes aja tadi duitnya banyak yang basah separo :D.

Gue pasang tampang polos seperti orang yang tidak bersalah. Gue setor tu duit ke bagian administrasi. “makan tu pipis gangnam style ala gue” ucap dalam hati. Dan barulah gue dikasi formulir pendaftaran yudisium. Gue isi tu formulir sesuai biografi gue disertakan menyerahkan pas foto. Gue cari foto gue d ransel, gue bolak-balik tu ransel, gue keluarin semua isi perut tu ransel, gue lihat dengan seksama, ternyata foto gue gak ada, yang ada cuma foto si Kikip tadi. 

Gue cari setiap toilet, ternyata Kikip udah gak ada. Keterlaluan banget si Kikip, tadi aja pas gw kebelet dia malah nongkrongin toilet, lalu sekarang pas gue butuh dia, hilang bagai ditelan toilet. Pas gue telfon dia, ternyata yang ngangkat suara cewek bro. Gue heran banget lah, sejak kapan dia punya cewek yang suaranya lembut banget. Bicara panjang lebar sama pacar Kikip. Takut entar pacarnya Kikip kepincut sama gue, secara gue lebih cakep, lebih cool, dan lebih pintar  dari Kikip. 

Selesai gue telfonan di ruang administrasi dan gue balikan badan, ternyata Kikip muncul di hadapan gue. Emang dy gak tau aturan, selalu muncul tiba-tiba. Kikip juga nyariin gue untuk ngerelain pacarnya buat gue persunting. Gak lah. Si Kikip juga mau nuker fotonya sama foto gue buat melengkapi persyaratan formulir Yudisium. Akhirnya semua persyaratan pendaftaran udah kelar, tinggal nunggu hari H nya aja.

Gue dan Kikip keluar ruangan administrasi dengan senang dan tanpa beban. Tapi ini bukan kita berjalan bersama sambil berpegangan tangan, berpelukan, berciuman layaknya sepasang kekasih. #uweeeek najis tralala. Kita berjalan menuju parkiran untuk langsung pulang. Urusan sudah kelar, sebagai orang baik-baik tidak sepantasnya masih nongkrong di kantin atau di tempat lain. Iya lah gue orang baik-baik yang gak mau nongrong di kantin. Gue kan baik sama yang punya kantin. Kalo gue tongkrongin tu kantin, bisa gue utangin lagi untuk yang kesekian kalinya. Entah yang keberapa, pokoknya sering dah. Berarti gw jahat dan gak baik-baik lagi dong.

Sesampainya di parkiran, lagi - lagi gue dipertemukan sama Pitri. Tuhan Maha Besar, kalo jodoh, sekeras apapun kita berlari dan sembunyi, pasti ketemu lagi. Sebagai calon pacar yang baik, gue harus tunjukkan kalau gue tu cowok yang perhatian, sigap, dan siaga.

Gw  : "Pit, mau pulang ne?"
Pitri : "Iya, capek banget dari tadi muter-muter kampus?"
Gw : "Pulang bareng gue aja Pit. Gue anter sampe rumah deh!?"
Pitri : "Bukanya kamu tadi nebeng sama Kikip yah?"
Gw : "Iya sih. Tapi Kikip kayaknya pulang sama pacarnya deh. Tadi aku sempet telfonan sama pacarnya!"
Pitri : "Jadi, lu yang mau nebeng ke gue, nih???"
Gw : *garuk-garuk pantat*

Segitu aja dulu. Gue juga lagi dalam proses bikin blog, untuk menampung tulisan-tulisan sesat gue yang tersembunyi di komputer jadul gue. Anehnya gw tetep gak bisa bikin Blog, padahal gue udah belajar sejak kelas 2 SMA. Makanya sebagian gue mau titip di blog ini hehe. Sorry gue kirimnya lambat, karena gue bener-bener sibuk menjelang wisuda (nyari pinjeman baju). When-when (kapan-kapan) kalian mampir ke rumah gue, di Sumenep Madura. Lumayan untuk nambah kuota tempat pelarian gue ngutang pulsa.
****

Nah, itu tuh cerita temen kita. Meski gue gak tau intinya apa, setelah gue simak dikit, sepertinya intinya lagi ngebahas persamaan toilet sama muka'nya dia. Dan hikmah yang gue dapet dari cerita ini, gue musti ciptakan Toilet Campur Sari di sekitaran rumah gue. Lumayan kan sore-sore bisa ngintipin embah-embah mandi, kan gak ada pintunya. Oke, sampai ketemu di comment box XD

7 comments:

  1. Sebenernya sich dia tuch kasian aja sama loe, Bang, demi ngeliat Blog loe kosong berbulan-bulan keabisan bahan :ngakak

    Btw, seperti biasa, belum gw baca nich postingan loe, ngejar Pertamax dolo. Tar gw balik lagi yeh, Bang, nyimak dolo :ngakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yudisium? Itu yang pertama terlintas di kepala gw. Apaan sich itu? Sejenis makanan kah? Enak kah? Haram kah? Atau sejenis tumbuh-tumbuhan? Gimana rasanya? Enak kah? Haram kah? Atau sejenis hewan? Bisa dimakan ga? Enak kah? Haram kah?

      So, terpaksa dhe gw copas ke M'bah Gugul....

      Yudisium

      Yudisium adalah proses akademik yang menyangkut penerapan nilai dan kelulusan mahasiswa dari seluruh proses akademik. Yudisium juga berarti pengumuman nilai kepada mahasiswa sebagai proses penilaian akhir dari seluruh mata kuliah yang telah di ambil mahasiswa dan penetapan nilai dalam transkrip akademik, serta memutuskan lulus atau tidaknya mahasiswa dalam menempuh studi selama jangka waktu tertentu, yang ditetapkan oleh pejabat berwenang yang dihasilkan dari keputusan rapat yudisium. Rapat yudisium diselenggarakan oleh Senat Fakultas atau Peogram Pascasarjana. Keputusan Yudisium dinyatakan dengan keputusan Dekan atau Direktur Program Pascasarjana.
      Source: http://uny.ac.id/akademik/yudisium-dan-wisuda

      Delete
    2. Gw mau komeng apa yach? Ga nyangka gw bisa ada manusia hidup di muka bumi ini yang lebih sesat dari Bang Yande -.-

      Dan, sama kaya Bang Yande, gw juga kurang nangkep sich apaan maksud dan isi Curhatannya si Url, eh, si Irl, eh, siapa sich namenye?

      Tapi, satu hikmah yang bisa gw ambil adalah: "Janganlah kau berhutang. Bila terpaksa berhutang, berhutanglah pada orang yang tepat. Pada dia yang bisa menjaga kerahasiaan antara pehutang dan terhutang. Jika terpaksa berhutang pada orang yang kau rasa kurang tepat, secepatnya lah kau bertindak sebelum hutang kau itu menghancurkan hidupmu. Cepatlah kau culik / sekap / bunuh orang yang kau hutangi segera setelah kau menerima hutangnya."

      :ngakak

      Delete
    3. ya ampuuun. lu kiliah g tau YUDISIUM.
      keliatan amat klo kalian mahasiswa abal-abal :D

      Delete
    4. Gw kuliah cuma titip absen sama ngecengin maba doank, Bang :ngakak

      Sama belajar seni Copas :D

      Delete
  2. Replies
    1. Tukang Nasi Goreng di lapak sebelah, Bang. Gw jual Sate Ayam. Udah, beli Sate aja dah sama gw, tar gw bonusin Arengnya sekalian buat nemenin malem-malem loe yang dingin itu :ngakak

      Delete

Free Owl ani Cursors at www.totallyfreecursors.com